FAQ
Dapatkan formulir pendaftaran di Halaman pembukaan account POST. Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pembukaan account POST, silahkan hubungi customer service kami.
Untuk klien lama yang belum memiliki account online trading tetap harus mengisi formulir registrasi yang bisa didapat dari Halaman pembukaan account POST dalam bagian instruksi pembukaan account POST untuk existing customer.
Silahkan hubungi customer service kami setiap hari Senin - Jumat dari pukul 09.00 - 17.00 WIB di 021-2977 3655.
Q : Bagaimana mekanisme penyelesaian transaksi jual beli saham di Bursa Efek Indonesia
A : Mekanisme penyelesaian transaksi jual beli saham di Bursa Efek Indonesia dapat digambarkan sebagai berikut:

Perdagangan di Bursa Efek Indonesia dapat dilakukan pada 3 (tiga) jenis pasar dengan penyelesaian sebagai berikut:
| Pasar | Siklus Penyelesaian |
|---|---|
| Reguler | Hari Bursa ke-2 setelah terjadinya Transaksi Bursa (T+2) |
| Tunai | Hari Bursa yang sama dengan terjadinya Transaksi Bursa (T+0) |
| Negosiasi | Berdasarkan kesepakatan penjual & pembeli |
Q : Bagaimana cara menggunakan Panin Online Stock Trading (POST) untuk menunjang transaksi jual-beli saham nasabah Panin Sekuritas
A : Cara penggunaan Panin Online Stock Trading (POST) dapat dilihat di manual book di bawah ini.
Manual Book POST
Untuk setiap gangguan yang muncul terkait dengan layanan PT Panin Sekuritas Tbk (“Panin Sekuritas”) termasuk namun tidak terbatas pada gangguan atas sistem perdagangan online, berikut adalah prosedur umum yang akan dilakukan oleh Panin Sekuritas:
- Panin Sekuritas bekerjasama dengan Nasabah untuk mengumpulkan detail gangguan.
- Panin Sekuritas melakukan analisa untuk mendapatkan solusi terbaik dari gangguan yang terjadi.
- Panin Sekuritas melaksanakan solusi yang sudah ditetapkan dan memberikan update berkala pada nasabah atau apabila gangguan telah selesai, Panin Sekuritas akan melaporkan kepada Nasabah.
Panin Sekuritas berkomitmen dengan usaha terbaik untuk menyelesaikan gangguan-gangguan pada kesempatan perrtama. Penyelesaian terhadap gangguan yang terjadi tergantung dari kompleksitas gangguan itu sendiri.
Di bawah ini adalah saluran telekomunikasi Panin Sekuritas untuk berkomunikasi dengan nasabah terkait dengan penyelesaian gangguan-gangguan:
- Email Customer Care dan Customer Service (care@pans.co.id dan cs@pans.co.id)
- Grup Whatsapp PANS Market Info
- Grup Telegram PANS Market Info
- Telepon di nomor 02129773600
Cara Menarik Dana melalui Aplikasi POST (POST Pro 3/POST Mobile/POST-Pro Web) adalah sebagai berikut:
Langkah-langkah:
- Login ke aplikasi POST dengan memasukkan User ID dan Password.
- Klik menu "Portfolio dan Account".
- Klik menu "Penarikan Dana".
- Isi data penarikan pada menu "Penarikan Dana" yang disediakan.
- Setelah selesai, klik "Submit".
Ketentuan Penarikan Dana:
- Permohonan penarikan dana ini akan diproses apabila saldo di Rekening Dana Nasabah mencukupi.
- Permohonan penarikan dana yang diterima setelah pukul 12:00 WIB akan diproses pada hari kerja berikutnya.
- Penarikan dana yang lebih besar dari Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah) akan dijalankan setelah berhasil dikonfirmasi oleh Customer Service.
- Minimum penarikan dana adalah Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah).
Untuk melakukan setoran awal silahkan lakukan topup atau transfer melalui ATM/Mobile & Internet Banking/Teller Bank yang ditujukan langsung ke nomor Rekening RDN atas nama Nasabah sendiri
Bahwa berdasarkan dengan ketentuan yang berlaku di Panin Sekuritas. User ID dapat Kami kirimkan apabila Bapak/Ibu sudah melakukan setoran dana awal melalui nomor rekening RDN Bapak/Ibu.
Perdagangan di Bursa Efek Indonesia (Pasar Modal Indonesia) terbagi 3 Pasar Perdagangan:
- Pasar Regular: Pasar utama di perdagangan Bursa Efek Indonesia, transaksi penyelesaian dilakukan pada T+2 (settlement) dengan minimal transaksi 1 lot (100 lembar).
- Pasar Nego: Pasar yang menyediakan transaksi penyelesaian sesuai dengan kesepakatan, transaksi min. pada Pasar Nego adalah 1 lembar, biasanya Pasar Nego merupakan alternatif investor dalam memberikan penawaran jual-beli saham dengan harga dibawah harga Pasar Regular.
- Pasar Tunai: Pasar yang penyelesaian transaksi nya pada T+0, dan hanya berlaku untuk transaksi saham Rights Issue saja.
Kami informasikan untuk Penarikan Dana di Panin Sekuritas terdapat 2 cara pilihan yaitu:
- Penarikan Dana Online: Melalui Menu Penarikan Dana (Cash Witndrawal) pada Aplikasi POST (POST Pro 3/POST Website/POST Mobile 3) pada Menu Account pilih cash withdraw.
- Penarikan Dana Offline : Melalui pengisian Formulir Penarikan Dana yang dapat Kami kirimkan melalui email Nasabah dan setelah formulir di isi dapat dikirim kembali melalui email : care@pans.co.id
Kami informasikan bahwa jam perdagangan bursa adalah
- Jam Perdagangan Pasar Reguler
Senin – Kamis : 09:00:00 s/d 12:00:00 (Sesi I)
13:30:00 s/d 15:49:59 (Sesi II)
Jumat : 09:00:00 s/d 11:30:00 (Sesi I)
14:00:00 s/d 15:49:59 (Sesi II)
- Jam Perdagangan Pasar Tunai
Senin – Kamis : 09:00:00 s/d 12:00:00
Jumat : 09:00:00 s/d 11:30:00
- Jam Perdagangan Pasar Reguler
Senin – Kamis : 09:00:00 s/d 12:00:00 (Sesi I)
13:30:00 s/d 16:15:00 (Sesi II)
Jumat : 09:00:00 s/d 11:30:00 (Sesi I)
14:00:00 s/d 16:15:00 (Sesi II)
Nasabah Online Trading 0.2% (Buy), 0.3% (Sell
Nasabah Regular/dengan Broker 0.25% (Buy), 0.35% (Sell)
Aplikasi Online Trading di Panin Sekuritas tersedia dalam berbagai device yaitu:
POST Mobile : Download
Aplikasi Mobile yang dapat di install melalui Google Play dan App Store. Aplikasi ini memberikan akses yang mudah dan cepat bagi Anda dalam mengelola investasi dengan efisien di mana pun Anda berada.
POST Dekstop : Download
Nikmati interface yang menarik, kustomisasi yang luas, dan keamanan terjamin untuk pengalaman trading Anda.
Aplikasi Online Trading berbasis Desktop untuk sistem operasi Microsoft Windows.
POST Web : Login disini
Aplikasi Berbasis Website yang dapat di akses melalui browser Google Chrome, Mozilla FireFox, Safari, dan Internet Explorer. Platform ini menghadirkan kemudahan dan keandalan untuk mengakses pasar secara efisien dari mana saja.
Anda dapat menyesuaikan aplikasi yang akan digunakan untuk kebutuhan anda.